Sabtu, 08 Juni 2013

PENYESUAIAN DIRI DAN PERTUMBUHAN



A.   KONSEP PENYESUAIAN DIRI
Penyesuaian diri alih bahasa dari adjustment, yang dilakukan manusia sepanjang hayat. (HS., Siti Sundari. 2005. Kesehatan Mental Dalam Kehidupan. Jakarta: PT. Rineka Cipta) Sebagaimana dikemukakan Lazarus (1961), Adjustment involves a reaction of the person to demand imposed upon him. (HS., Siti Sundari. 2005. Kesehatan Mental Dalam Kehidupan. Jakarta: PT. Rineka Cipta) Jadi sebagaimana dengan pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa secara konsep penyesuaian diri merupakan kemampuan individu untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan kondisi dan lingkungan terhadap dirinya.

B.   PERTUMBUHAN PERSONAL
Individu sebagai manusia secara seutuhnya sudah pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Sebagaimana dalam proses pertumbuhannya manusia secara pribadi mengalami berbagai penyesuaian diri yang mengikuti pertumbuhan dirinya tersebut. Berikut berbagai faktor yang mempengaruhi bagaimana penyesuaian diri itu sendiri dapat berkembang. Diantaranya:
 
-          Penekanan Pertumbuhan Diri
Penekanan pertumbuhan diri ini diartikan sebagai pertumbuhan sebagai bagian dari proses tumbuhnya manusia yang meliputi persiapan organ – organ yang menjadi bagian fungsional dalam tubuh manusia tersebut untuk dapat bekerja secara maksimal inilah yang menjadi titik fokus dalam proses penyesuaian diri sepanjang hayat manusia. Penyesuaian diri pada individu tidak akan terlepas dari bagaimana proses pertumbuhan diri yang terjadi pada individu itu sendiri. Oleh karena proses pertumbuhan diri yang terjadi pada individu yang satu dengan yang lain berbeda, sudah pasti penyesuaian diri yang dilakukan oleh masing – masing individu itu sendiri akan berbeda pula.

-          Variasi Dalam Pertumbuhan
Dalam pertumbuhan diri pada satu individu saja bisa terdapat variasi akibat dari permasalahan – permasalahan yang timbul dari berbagai kesulitan yang dirasakan oleh individu dalam proses pertumbuhannya itu sendiri. Hal ini jugalah yang menyebabkan munculnya variasi dalam penyesuaian diri individu untuk mengatasi dan menghadapi berbagai permasalahan yang ada dalam proses pertumbuhan tersebut.

-          Kondisi untuk Bertumbuh
Faktor lainnya yang mempengaruhi proses penyesuaian diri individu, yaitu kondisi untuk bertumbuh dimana dapat dilihat dari jawaban atas pertanyaan yang dapat mewakilinya, seperti: Dimana dan seperti apa kondisi individu untuk bertumbuh
(Dimana dan seperti apa kondisi individu untuk bertumbuh) Lingkungan yang berbeda akan menimbulkan kondisi individu untuk bertumbuh yang berbeda pula, sehingga menyebabkan penyesuaian diri untuk kondisi lingkungan untuk bertumbuh itu juga akan berbeda. Misalkan Lingkungan dengan kondisi yang serba kecukupan, kasih sayang yang diberikan orang tua berlimpah, pola asuh yang demokratis yang diterapkan oleh orang tua juga akan menciptakan peyesuaian diri dengan kondisi bertumbuh yang berbeda dengan kondisi lingkungan dimana kebutuhan ekonomi tercukupi dengan baik, tetapi kasih sayang yang dirasakan oleh individu kurang serta adanya perasaan diabaikan oleh orang tua. Walaupun dari tingkat yang sama dilihat dari kondisi ekonomi yang setingkat, akan tetapi banyak faktor lain yang membuat penyesuaian diri pada individu menjadi lebih kompleks. Apalagi jika dibandingkan dengan tingkat ekonomi yang jauh lebih rendah, maka penyesuaian diri sesuai dengan kondisi lingkungan tumbuh yang lain pun akan berbeda untuk mengatasi berbagai persoalan hidup yang pelik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar